Apa itu Internet Marketing???


INTERNET MARKETING
Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh. Oke guys, kali ini saya akan membahas
tentang Internet Marketing. Nah dah pada tau belum internet marketing tuh apa? Pengertian Internet
Marketing atau Pemasaran Elektronik sendiri adalah sebuah pemasaran elektronik yang dilakukan oleh seseorang baik itu seorang webmaster, praktisi, pemilik website atau siapa saja yang memasarkan barang atau jasa di internet dengan target tertentu yang ia miliki.
Internet Marketing sendiri merupakan bahasa inggris yang jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia adalah “Pemasaran internet”. Istilah dari pekerjaan ini juga sering kita dengar seperti; Internet marketing, e-marketing, atau online-marketing. Serta banyak istilah-istilah lain yang kita dengar yang berhubungan dengan internet marketing.

Pelaku Internet Marketing

Semua orang yang memasarkan produk atau jasa mereka melalui internet merupakan seorang internet
marketing. Namun secara mendalam, Banyak orang-orang yang justru mendalami pemasaran internet itusendiri.

Maka tak heran jika saat ini jasa pemasaran internet bertebaran di internet.
Orang-orang inilah yang disebut sebagai penggiat. Berbagai istilah untuk sebutan mereka juga muncul seperti “Internet Marketer”, “Internet Marketers”. Mereka adalah orang-orang yang mendedikasikan dirinya untuk bisnis di internet. Baik itu sebuah jasa pemasaran maupun mereka yang memang sudah lama menjajaki bisnis mereka melalui pemasaran internet.

Para penggiat pemasaran internet juga dituntut selalu mengikuti perkembangan trend. Baik itu trend di sosial media, Search engine, teknik dan strategi. Agar tentunya mereka bisa melakukan implementasi
yang tepat pada pemasaran internet ang mereka lakukan.

Keunggulan Digital Marketing vs Konvensional
Tidak seperti iklan di koran, selebaran brosur dan semacamnya, strategi pemasaran menggunakan media digital khsusunya online dapat diukur secara tepat bahkan real-time.

Dengan menggunakan media digital, Anda dapat mengetahui berapa lama iklan video produk Anda ditonton, berapa persen konversi penjualan dari setiap iklan, dan tentunya Anda bisa mengevaluasi mana iklan yang baik dan tidak.

Abilitas pemasaran digital akan tracking ini tentu sangat membantu para pebisnis dalam menghitung ROI (return of investment) dari budget marketing perusahaan.
Selain faktor kemudahan evaluasi, luas jangkauan geografis juga jadi salah satu keunggulan digital marketing. Dengan memanfaatkan media digital, Anda dapat menyebarkan konten/brand produk Anda ke seluruh dunia hanya dengan beberapa kali klik.

Dengan alasain ini pula, metode offline marketing lawas bahkan sudah ditinggalkan sama sekali oleh perusahaan tertentu.

Cara Memulai Digital Marketing

Jika kita berbicara digital marketing, sebagaimana sudah diulas pada tulisan di atas, spektrum ini sangatlah luas. Oleh karenanya, penting bagi seorang digital marketer untuk tahu teknik dan resource yang dibutuhkan sebuah perusahaan agar pemasaran digital dapat berjalan dengan baik.

Salah satu elemen penting dalam digital marketing adalah aset, kenali apa aset digital yang Anda miliki, dan mulailah untuk fokus dalam beberapa aset saja sebagaimana telah disinggung pada tulisan cara memulai bisnis di media sosial.

Beberapa aset dalam digital marketing:
• Website
• Postingan blog
• Akun media sosial
• Identitas brand (logo, company profile)
• Jejak online (review/feedback dari pelanggan dll.)

Jika Anda sudah memiliki beberapa aset di atas, yang perlu Anda lakukan adalah mengoptimalkan aset-aset tersebut untuk membangun brand yang Anda miliki.

Semisal untuk website dan blog bisnis, tulislah secara berkala artikel yang akan menarik calon pelanggan Anda. Atau melalui sosial media seperti instagram, maka buatlah foto dan video pendek yang menarik dan share-able.

Hal lain yang cukup penting, jika kamu aktif dalam forum atau marketplace publik, maka usahakanlah profil usaha kamu punya rating dan review yang baik dari para pelanggan.

Karena hal tersebut juga jadi salah satu tanda bahwa citra brand yang kamu miliki bagus atau tidak di dunia maya. Jika kamu sudah mulai mengerti tentang digital marketing, ada baiknya kamu tahu juga komponen pengeluaran serta harga digital marketing sebagai acuan dasar.

Komentar

Postingan Populer