5 CMS Terbaik Untuk Membuat Website

Di jaman sekarang memiliki website untuk sebuah bisnis sudah hampir menjadi keharusan. Begitu banyak mannfaatnya, sehingga anda pun jika hingga sekarang belum memilikinya sebaiknya segera pertimbangkan untuk membuatnya.
Dampak yang bisa di rasakan secara langsung terhadap bisnis yang sedang dijalankan, diantaranya image perusahaan yang secara signifikan akan meningkat. Karena masyarakat kita saat ini sering kali memandang sebuah perusahaan yang memiliki sebuah website lebih terlihat profesional.
Manfaat lainnya selain bisa juga digunakan untuk menjual secara langsung produk dari bisnis anda, website ini juga dapat di gunakan sebagai media promosi perusahaan sehingga akan bisa dikenal secara lebih luas.
Pertanyaannya apakah gratis atau berbayar ?
Khusus untuk keperluan bisnis, meski bisa dibuat dengan gratisan namun akan lebih terlihat profesional jika kita mengeluarkan sedikit biaya untuk membangun website yang lebih premium.
Lalu dapatkah kita membuat website bisnis ini sendirian ?
Tentu saja, karena saat ini cukup banyak berbagai tutorial yang dapat di jadikan panduan untuk membuatnya dengan mudah.

Pada artikel kali ini, akan saya bahas tentang cara mempersiapkan domain dan hosting website secara lengkap dan juga 5 CMS yang terbaik untuk digunakan. Berikut bisa anda simak caranya :
Mempersiapkan Nama Domain Dan Hosting
Domain
Paling awal yang harus kita persiapkan adalah nama domain yang akan di gunakan pada website, contohnya seperti www.perusahaan-anda.com. Pada langkah awal ini karena kita akan membuat website premuim, kita bisa membeli nama domain yang akan di gunakan dari para penyedia nama domain atau registar.
Contohnya bisa anda kunjungi situs seperti idwebhost.com, rumahweb.co.id, masterweb.net dan lain-lain sebagai penyedia nama domain dari perusahaan lokal. Atau godaddy.com, namecheap.com yang juga menyediakan nama domain dari perusahaan luar negri.
Hosting
Selanjutnya, kita pun membutuhkan hosting yang akan dikaitkan kepada domain. Fungsinya adalah sebagai sarana menyimpan seluruh data dari website kita, misalnya gambar, teks, video dan lain sebagainya. Hosting ini bisa kita dapatkan dengan sistim sewa, yang kapasitasnya tergantung keperluan. Agar lebih memudahkan, sebaiknya sekaligus membeli domain dan sewa hosting dari satu penyedia.
Selanjutnya ialah pemilihan CMS yang akan dipakai untuk membuat Blog ataupun Website,Berikut 5 CMS terbaik menurut Mr. Abdul R. A:
WordPress
WordPress merupakan CMS yang fleksibel, bisa digunakan sebagai website penjualan online, blog pribadi, dan website profil perusahaan. WordPress menawarkan kemudahaan dalam pembuatan dan penyesuaian dengan kebutuhan pengguna. Tidak hanya itu, WordPress juga memberikan layanannya secara gratis dengan fitur yang sangat lengkap.
Open source menjadi nilai tambah untuk WordPress sehingga proses pengembangan bisa terus berjalan dan semua orang bisa berkontribusi dalam versi terbaru. Kemudahan ini memberikan dampak juga terhadap semakin banyaknya plugin yang bisa digunakan sebagai fitur tambahan. Tidak terkecuali fitur e-commerce seperti WooCommerce yang bisa ditambahkan pada CMS WordPress.
Data terbaru menunjukan bahwa WordPress menguasai 60,1% Market Share dengan jumlah website yang aktif sampai dengan 19,882,189 website dari total website yang tersedia di internet sebanyak 374,464,532.
Market share : 60,1 %
Website aktif : 19,882,189
Situs populer : BBC America, Time, The Rolling Stones, Beyonce, TechCrunch, Justin Bieber
Joomla
Joomla menjadi CMS terbaik nomer dua setelah WordPress dengan jumlah total website aktif di internet sebanyak 2,004,962 atau hanya 10% dari jumlah website WordPress yang aktif. Joomla menjadi pilihan yang baik jika ingin membangu website untuk aplikasi online.
Proses instalasi juga sangat sederhana mudah tidak perlu membutuhkan pengetahuan yang khusus dalam backend atau front end proses pengembangan website. Biasanya penyedia layanan hosting juga memberikan pilihan untuk melakukan proses instalasi CMS ini hanya dengan single klik saja.
Market share : 6,2%
Website aktif : 2,004,962
Situs populer : Holiday Inn Express, U.K National Crime Agency, OpenVPN, High Charts
Drupal
Drupal menjadi salah satu CMS terbaik yang banyak digunakan di seluruh dunia. Dibangun dengan dukungan komunitas yang sangat besar, Drupal mampu merebut kepercayaan beberapa pengguna CMS. Drupal juga sama dengan WordPress, menawarkan berbagai fitur dengan gratis dan bisa menambahkan plugin yang setiap saat bisa ditambahkan.
Drupal juga bisa digunakan untuk membuat segala macam website. Jika hanya mempunyai pengetahuan teknis yang terbatas, itu tidak masalah. Drupal memberikan kemudahan sekalipun pengguna masih belum terlalu  paham tentang CMS.
Market share : 4,2%
Website aktif : 939,413
Situs populer : Linux, Harvard University, GE Transportation
Magento
Magento merupakan CMS yang ditargetkan untuk pengguna yang ingin membangun website penjualan dan toko online. Magento pertama kali diluncurkan pada tahun 31 Maret 2008 dan dikelola oleh Magento Inc. Untuk menambahkan fitur – fitur pada website yang menggunakan Magento, ada ekstensi yang bisa dimanfaatkan untuk menambah beberapa fitur tambahan yang dibutuhkan dan juga sistem pembayaran yang dilayani pada toko online.
Market share : 2,3%
Website aktif : 233,056
Situs populer : Land Rover, Bulgari, G2A, Kinguin, YMEUniverse
Shopify
Shopify merupakan CMS yang saat ini sedang mulai berkembang dan mendapatkan banyak apresiasi. Shopify merupakan e-commerce dari Kanada memulai mengembangkan produknya sekitar tahun 2013. CMS ini dianggap lebih mudah dan lengkap dengan fitur yang ditawarkan seperti tampilan, hosting, manajemen produk, tool-tool penjualan, fitur pengiriman barang dan berbagai metode pembayaran. Sayangnya CMS ini berbayar sehingga pengguna harus rela mengeluarkan biaya lebih untuk menggunakan CMS premium ini.
Pengguna bisa mencoba selama 14 hari jika ingin merasakan bagaimana layanan Shopify sebelum melakukan pembelian. Meskipun masih baru saat ini sudah banyak panduan yang bisa digunakan untuk menggunakan CMS ini, namun kebanyakan masih berbahasa inggris.
Saat ini sudah ada 742,441 website aktif yang menggunakan Shopify dan terus meningkat dan sekitar 1,251,722 menggunakannya selama ini.
Market share : 2,1%
Website aktif : 742,441
Situs populer : WaterAid, The Economist, Sunday Somewhere, Penguin Books

Komentar

Postingan Populer