Perkembangan Rekayasa Perangkat Lunak

Rekayasa Perangkat Lunak
            Rekayasa perangkat lunak sudah berkembang dan diciptakan kali pertama pada tahun 1940-an hingga kini. Tujuan dari pengembangannya adalah untuk mengembangkan praktek dan teknologi untuk meningkatkan produktivitas para praktisi pengembang perangkat lunak serta kualitas aplikasi yang dapat digunakan oleh user. Apa ya pengertian perangkat lunak itu?? Definisi perangkat lunak ialah kumpulan instruksi dari beberapa program komputer yang apabila di eksekusi akan menyediakan beberapa fungsi dan pekerjaan yang di inginkan. Pengertian dari rekayasa perangkat lunak itu sendiri ialah  suatu disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal yakni menentukan spesifikasi dari kebutuhan pengguna, analisa kebutuhan pengguna, designn, pengkodean, pengujian sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan. Pada pengertian ini jelaslah bahwa Rekayasa Perangkat Lunak (RPL ) tidak selalu berhubungan dengan cara pembuatan program komputer. Pernyataan ”semua aspek produksi” pada pengertian sebelumnya, mempunyai arti semua hal yang berhubungan dengan proses produksi misalnya manajemen proyek, penentuan personil, jadwal, metode,anggaran biaya, kualitas sampai dengan pelatihan pengguna merupakan bagian dari RPL. Nah sudah tau kan dengan namanya rekayasa perangkat lunak itu. Untuk merekayasa perangkat lunak, ada tahapan tahapan yang harus dilalui yakni:
1.       Analisis
Analisis ialah suatu teknik dalam memecahkan masalah yang menjelaskan secara keseluruhan suatu sistem menjadi bagian dengan tujuan untuk mempelajari bagus atau tidaknya komponen tersebut bekerja untuk meraih apa yang kalian mau. Analisis merupakan bagian yang penting dari proses perangkat lunak tersebut. Model ini ialah model yang lebih memfokuskan pada semua proses di sistem yang mengubahnya data menjadi informasi.
2.       Desain
Desain dari perangkat lunak adalah tahapan yang lebih fokus pada spesifikasi dari penyelesaian yang berbasis kepada komputer.
3.       Konstruksi
Konstruksi ialah tahapan dalam menerjemahkan hasil dari desain logis dan fisik ke dalam sistem program komputer.
4.       Pengujian
Pengujian ini mencampur semua bagian yang telah dipikirkan pada bagian sebelumnya.
5.       Perawatan
Saat suatu perangkat lunak siap digunakan, maka tahap yang baru menjadi tampil bagian perawatan di dalamnya. Perawatan ini dibagi menjadi beberapa macam tipe, antara lain:
1.       Tipe corrective merupakan tipe yang biasa dipakai jika terjadi kesalahan. Perawatan ini bisa di kerjakan dengan memperbaiki sistem program, menambah bagian yang perlu atau bisa menghilangkan bagiannya juga.
2.       Tipe routine biasa dikerjakan untuk bisa melihat hasil kerja perangkat lunaknya.
3.       Tipe upgrade dikerjakan apabila ada perubahan dari bagian yang terlibat di bagian itu.
 Selanjutnya ialah berbagai karakteristik perangkat lunak yang bisa direkayasa dengan baik ialah:
  • Mudah dirawat kemudian dilengkapi dengan dokumentasi dan perubahan dapat dilakukan dengan biaya yang minimum.
  • Dapat diandalkan yakni bekerja seperti yang diharapkan dan gagal hanya bila keluar dari spesifiknya.
  • Bekerja secara efisien yang tidak memboroskan sumber daya, misalnya memori, prosesor, penyimpanan.
  • Dirancang sesuai dengan tingkat kemampuan pemakai. Produk perangkat lunak dikembangkan dari serangkaian perubahan, dari user requirements menjadi kode untuk eksekusi untuk mesin.
Rekayasa perangkat lunak pasti akan menghasilkan produk, ada 2 tipe produk yang dihasilkannya yaitu
  1. Generic yakni produk yang dikembangkan untuk dijual kepada public.
  2. Spesifik yakni produk yang dikembangkan khusus untuk sebuah perusahaan.
Dari kedua macam produk tersebut kemudian terbagi lagi jenis-jenis produk perangkat lunak, di antaranya adalah:
1). Sistem software
Dimana berupa software atau program yang berfungsi untuk mengatur atau melayani program-program lain dan juga sistem software ini juga dapat berinteraksi dengan perangkat lunak.
2). Real time software
Perangkat lunak yang memonitor, menganalisa, mengendalikan suatu kejadian atau peristiwa yang terjadi. Waktu tanggap (response) singkat (milidetik).
3). Business software
Jenis produk perangkat lunak ini lebih fokus untuk menangani bermacam aplikasi seperti: penggajian, penjualan, persediaan barang, SIM(Sistem Informasi Manajemen)
4). Enginering dan Scientific Software
Merupakan perangkat lunak yang banyak memproses angka-angka seperti: astronomi, otomotif, peramalan cuaca, dll.

Komentar

Postingan Populer