Perkembangan Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa perangkat lunak sudah berkembang dan
diciptakan kali pertama pada tahun 1940-an hingga kini. Tujuan dari
pengembangannya adalah untuk mengembangkan praktek dan teknologi untuk
meningkatkan produktivitas para praktisi pengembang perangkat lunak serta
kualitas aplikasi yang dapat digunakan oleh user. Apa ya pengertian
perangkat lunak itu?? Definisi perangkat lunak ialah kumpulan instruksi dari
beberapa program komputer yang apabila di eksekusi akan menyediakan beberapa
fungsi dan pekerjaan yang di inginkan. Pengertian dari rekayasa
perangkat lunak itu sendiri ialah suatu disiplin ilmu yang membahas semua aspek
produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal yakni menentukan spesifikasi
dari kebutuhan pengguna, analisa kebutuhan pengguna, designn, pengkodean,
pengujian sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan. Pada pengertian ini
jelaslah bahwa Rekayasa Perangkat Lunak (RPL ) tidak selalu berhubungan dengan
cara pembuatan program komputer. Pernyataan ”semua aspek produksi” pada
pengertian sebelumnya, mempunyai arti semua hal yang berhubungan dengan proses
produksi misalnya manajemen proyek, penentuan personil, jadwal, metode,anggaran
biaya, kualitas sampai dengan pelatihan pengguna merupakan bagian dari RPL.
Nah sudah tau kan dengan namanya rekayasa perangkat lunak itu. Untuk merekayasa
perangkat lunak, ada tahapan tahapan yang harus dilalui yakni:
1. Analisis
Analisis ialah suatu teknik dalam memecahkan
masalah yang menjelaskan secara keseluruhan suatu sistem menjadi bagian dengan
tujuan untuk mempelajari bagus atau tidaknya komponen tersebut bekerja untuk
meraih apa yang kalian mau. Analisis merupakan bagian yang penting dari proses
perangkat lunak tersebut. Model ini ialah model yang lebih memfokuskan pada
semua proses di sistem yang mengubahnya data menjadi informasi.
2. Desain
Desain dari perangkat lunak adalah tahapan
yang lebih fokus pada spesifikasi dari penyelesaian yang berbasis kepada
komputer.
3. Konstruksi
Konstruksi
ialah tahapan dalam menerjemahkan hasil dari desain logis dan fisik ke dalam
sistem program komputer.
4. Pengujian
Pengujian ini mencampur semua bagian yang telah
dipikirkan pada bagian sebelumnya.
5. Perawatan
Saat suatu perangkat lunak siap digunakan, maka tahap
yang baru menjadi tampil bagian perawatan di dalamnya. Perawatan ini dibagi
menjadi beberapa macam tipe, antara lain:
1. Tipe corrective merupakan tipe yang biasa dipakai jika
terjadi kesalahan. Perawatan ini bisa di kerjakan dengan memperbaiki sistem
program, menambah bagian yang perlu atau bisa menghilangkan bagiannya juga.
2. Tipe routine biasa dikerjakan untuk bisa melihat hasil
kerja perangkat lunaknya.
3. Tipe upgrade dikerjakan apabila ada perubahan dari bagian
yang terlibat di bagian itu.
Selanjutnya
ialah berbagai karakteristik perangkat lunak yang bisa direkayasa dengan baik
ialah:
- Mudah dirawat kemudian dilengkapi dengan dokumentasi dan perubahan dapat dilakukan dengan biaya yang minimum.
- Dapat diandalkan yakni bekerja seperti yang diharapkan dan gagal hanya bila keluar dari spesifiknya.
- Bekerja secara efisien yang tidak memboroskan sumber daya, misalnya memori, prosesor, penyimpanan.
- Dirancang sesuai dengan tingkat kemampuan pemakai. Produk perangkat lunak dikembangkan dari serangkaian perubahan, dari user requirements menjadi kode untuk eksekusi untuk mesin.
Rekayasa perangkat lunak pasti akan
menghasilkan produk, ada 2 tipe produk yang dihasilkannya yaitu
- Generic yakni produk yang dikembangkan untuk dijual kepada public.
- Spesifik yakni produk yang dikembangkan khusus untuk sebuah perusahaan.
Dari
kedua macam produk tersebut kemudian terbagi lagi jenis-jenis produk perangkat
lunak, di antaranya adalah:
1).
Sistem software
Dimana berupa software atau program yang berfungsi untuk mengatur atau melayani program-program lain dan juga sistem software ini juga dapat berinteraksi dengan perangkat lunak.
Dimana berupa software atau program yang berfungsi untuk mengatur atau melayani program-program lain dan juga sistem software ini juga dapat berinteraksi dengan perangkat lunak.
2).
Real time software
Perangkat lunak yang memonitor, menganalisa, mengendalikan suatu kejadian atau peristiwa yang terjadi. Waktu tanggap (response) singkat (milidetik).
Perangkat lunak yang memonitor, menganalisa, mengendalikan suatu kejadian atau peristiwa yang terjadi. Waktu tanggap (response) singkat (milidetik).
3).
Business software
Jenis produk perangkat lunak ini lebih fokus untuk menangani bermacam aplikasi seperti: penggajian, penjualan, persediaan barang, SIM(Sistem Informasi Manajemen)
Jenis produk perangkat lunak ini lebih fokus untuk menangani bermacam aplikasi seperti: penggajian, penjualan, persediaan barang, SIM(Sistem Informasi Manajemen)
4).
Enginering dan Scientific Software
Merupakan perangkat lunak yang banyak memproses angka-angka seperti: astronomi, otomotif, peramalan cuaca, dll.
Merupakan perangkat lunak yang banyak memproses angka-angka seperti: astronomi, otomotif, peramalan cuaca, dll.
Komentar
Posting Komentar