Mengenal Jaringan dan Kode ASCII

         Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh. Nah kali ini saya akan membahas tentang Jaringan dan Kode ASCII. Pertama, saya membahas tentang Jarinngan. Nah apasih jaringan???? Jaringan adalah sebuah system untuk mengirim data atau informasi dari computer satu ke computer yang lain dengan kecepatan tertentu dan data tersebut dapat diakses oleh banyak computer. Sedangkan, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), jaringan komputer bisa diartikan sebagai sekelompok komputer dan perangkat terkait yang dihubungkan dengan fasilitas komunikasi. Antara satu perangkat dengan perangkat lainya bisa terhubung berkat fasilitas komunikasi.




           Berawal dari sejarah jaringan yang dibuat oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang membentuk DARPA (Defense Advance Research Projects Agency pada tahun 1969. Setelah membentuk DARPA mereka meanjutkan riset dengan menghubungkan sejumlah computer sehingga membentuk jaringan organic. Program riset tersebut dikenal dengan istilah ARPANET(Advance Research  Projects Agency Network). Kegiatan penelitian pun berlanjut dengan :



1. Pada tahun 1970 lebih dari 10 computer terhubung dengan menggunakan program email yang berhasil di sempurnakan pada tahun 1972



2. Pada tahun 1973 ARPANET keluar dari benua Amerika tepatnya ke University College London. 



3. Tahun 1976, Ratu Inggris telah berhasil melakukan pengiriman email dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern, sebuah perkembangan yang mengesankan. Setahun kemudian, tahun 1977, lebih dari 100 komputer telah bergabung dalam sistem ARPANET dan membentuk jaringan atau network.



4. Tahun 1976, Newsgroup pertama terbentuk
Tahun 1979, Tom Truscott, Jim Ellis, dan Steve Bellovin menciptakan USENET (User Network) yang merupakan Newsgroup pertama. Selanjutnya, tahun 1981, ada gebrakan baru dari France Telecom yang meluncurkan telepon televisi pertama di dunia. Dengan alat tersebut orang dapat berinteraksi menggunakan video link sambil menelepon.
5. Tahun 1982, TPC/IP terbentuk.
6. Tahun 1984, DNS(Domain Name Sytem) diperkenalkan.

7. Tahun 1987 IRC diperkenalkan.

8. Tahun 1990, WWW diperkenalkan.

9. Tahun 1992, lebih dari satu juta komputer terhubung.

Selanjutnya tentang tipe tipe jaringan :
1. Jaringan kabel
2. Jaringan Nirkabel
3. Satelit
4. Bluetooth
5. Infrared

        Tidak hanya jaringan data tetapi ada juga jaringan seluler seperti 1G,2G,3,4G dan 5G. Jaringan seluler dibagi 2 yakni Global System for Mobile Communication(GSM) dan Code Division Multiple Access (CDMA). Berikut tentang evolusi dari jaringan seluler:


        Nah kan tadi sudah membahas tentang Jaringan. Sekarang saya akan membahas tentang komunikasi data. Pada komunikasi data, informasi yang dikirimkan berbentuk kode kode bilangan binary dimana hanya terdiri atas angka 0 dan 1. Biasanya pengkodean data tersebut merujuk pada ASCII (American Standard Code for Information Interchange) dimana hanya computer yang dapat memahaminya. 
Jumlah kode ASCII adalah 255 kode. Kode ASCII 0..127 merupakan kode ASCII untuk manipulasi teks; sedangkan kode ASCII 128..255 merupakan kode ASCII untuk manipulasi grafik. Kode ASCII sendiri dapat dikelompokkan lagi kedalam beberapa bagian:
  • Kode yang tidak terlihat simbolnya seperti Kode 10(Line Feed), 13(Carriage Return), 8(Tab), 32(Space)
  • Kode yang terlihat simbolnya seperti abjad (A..Z), numerik (0..9), karakter khusus (~!@#$%^&*()_+?:”{})
  • Kode yang tidak ada di keyboard namun dapat ditampilkan. Kode ini umumnya untuk kode-kode grafik.
Dalam pengkodean kode ASCII memanfaatkan 8 bit. Pada saat ini kode ASCII telah tergantikan oleh kode UNICODE (Universal Code). UNICODE dalam pengkodeannya memanfaatkan 16 bit sehingga memungkinkan untuk menyimpan kode-kode lainnya seperti kode bahasa Jepang, Cina, Thailand dan sebagainya. Kalian dapat melihat tabel kode ASCII di https://www.ascii-code.com

Komentar

Postingan Populer