Sistem dan Teknologi Informasi

       Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh. Oke guys, kali ini saya akan membahas tentang  sistem dan teknologi informasi. Nah sebelumnya dah pada tau dong apa yang dimaksud dengan sistem dan teknologi informasi?? Bagi yang belum tau nih, saya kasih tau ya ke kalian semua. Sistem dan teknologi informasi terbagi atas dua makna yakni sistem informasi dan teknologi informasi. Sistem informasi adalah sebuah sistem yang menyediakan informasi dari kumpulan berbagai data untuk sebuah tujuan dan dapat membantu orang yang membutuhkan informasi tersebut. Sedangkan teknologi informasi ialah sarana yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, mempublikasikan, menyimpan suatu informasi. Nah jadi, sistem dan teknologi informasi ialah sebuah sarana yang memiliki system untuk dapat menyimpan,mengubah,membuat, dan mempublikasikan informasi.

      Perkembangan teknologi yang pesat tidak dapat kita bendung. Karena teknologi dibuat untuk memudahkan dan membantu manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Teknologi yang diadaptasi dari keseharian manusia menghasilkan sebuah inovasi dalam berbentuk aplikasi untuk menyediakan kebutuhan manusia  mulai dari berbelanja, membersihkan, berita-berita terbaru, hiburan, permainan, makan, minum, komunikasi, dan sebagainya. Dengan begitu banyaknya keseharian manusia maka di buatlah kelompok-kelompok Aplikasi menurut genre besarnya yaitu Teknologi Informasi Transportasi, E-Commerce,  Market Place, Iklan Baris,  Forum Online, Portal Berita Online, Blog, Media Online Non Berita, Bimbel Online, Layanan Pemesanan Online, dan Media Sosial. Berikut Penjelasannya :

     1. Teknologi Informasi Transportasi
         Merupakan sebuah aplikasi yang memudahkan manusia untuk mendapatkan transportasi agar bias pergi ke tujuan yang di inginkan. Contohnya ialah Gojek, Grab, dan sebagainya.
 
     2. E-Commerce
         Merupakan sebuah aplikasi atau website yang berorientasi pada aktivitas perbelanjaan berbasis digital atau online yang dapat diakses oleh customer. Contohnya seperti Lazada, Blibli, JD.id, Zalora dan sebagainya.

     3. Market Place
         Marketplace ialah sebuah website atau aplikasi yang memfasilitasi pengguna dalam melakukan transaksi jual beli yang berbasis online melalui kerja sama dengan pemilik usaha. Contohnya Bukalapak, Tokopedia, Shopee dan lain lain.

    4. Iklan Baris
        Iklan baris adalah sebuah website atau aplikasi yang memfasilitasi pengguna untuk menjual dan mengiklankan barang dagangannya. Contoh aplikasinya yaitu OLX, Jualo dan lain lain.

    5. Forum Online
        Merupakan sebuah wadah untuk menampung aspirasi masyarakat dan mendiskusikannya  secara online. Contohnya yaitu Kaskus.com dan lain lain.

    6. Portal Berita Online
        Portal berita online berisikan berita berita terkini yang ditampung dan di publikasikan melalui aplikasi atau website. Contohnya yaitu Detik.com, Viva.co.id, Kompas.co dan sebagainya.

   7. Blog
       Blog merupakan sebuah website yang dikelola oleh individu atau kelompok kecil yang berisikan teegantung dengan penulisnya. Ada berbagai macam jenis blog yaiitu blog kuliner, blog wisata, blog pengetahuan dan lain lain. Contohnya BlogSpot.com, wordpress.com.

   8. Media Online Non Berita
       Nah yang dimaksu dengan media online non berita adalah sebuah website atau aplikasi yang berisikan artikel artikel yang menarik minat pembaca. Contohnya Hipwee.com, Dream.co.id dan website website lainnya.

  9. Bimbel Online
      Bimbel online ini merupakan aplikasi atau website yang membantu siswa dalam pembelajaran yang berbasis online dan pelajaran jarak jauh yang memakai video video per subbabmateri. contohnya Ruang Guru, zenius education, dan banyak lagi.

  10. Layanan Pemesanan Online
        Layanan ini memfasilitasi penggunanya untuk dapat melihat dan membooking tiket tiket ataupun hotel hotel dan fitur fitur lain yang disediakannya. Contohnya tiket.com, traveloka dan aplikasi lainnya.

  11. Media Sosial
        Di media social ini kita dapat mengaksess teman teman kita yang berada dekat maupun jauh dengan kita dan kita dapat berkomunikasi dengannya. Media social biasanya mendekatkan yang jauh tanpa melihat seberapa jauh jarak satu oran dengan orang lainnya. media social juga merupakan tempat berbagi bagi penggunanya. Contohnya ialah Facebook, Instagram, Twitter.

   Nah itu dia berbagai macam sistem dan teknologi informasi yang berorientasi kan kepada aktivitas manusia dan dapat memudahkan pekerjaan manusia. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi para pembaca dan menambah keilmuan pembaca. Akhir kata saya mengucapkaan terima kasih karena telah mengunjugi blog ini dan wassalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh.

Komentar

Postingan Populer